Pasien serangan jantung pertama dunia

Seorang putri Mesir yang hidup 3.500 tahun silam ini merupakan orang pertama yang diketahui mengalami serangan jantung koroner. Seperti apa?
Pembuluh koroner mumi putri Ahmose-Meryet-Amon Mesir yang hidup 1550-1580 Sebelum Masehi (SM) ini, seluruh tubuhnya divisualisasikan menggunakan pindai tomografi komputer. Hasil pindai menunjukkan, putri ini meninggal dunia saat berusia 40 tahun.
Pada pembuluh koroner putri ini, dua dari tiga di antaranya memiliki atherosclerosis. Kepala Penyelidik Dr Gregory S Thomas dari University of California mengatakan, “Seharusnya putri ini menerima bedah bypass.”
Awalnya peneliti mengira atherosclerosis hanya bisa ditemui di kehidupan modern namun jelas atherosclerosis juga muncul 3.500 tahun silam. Menurut Thomas, pola makan mungkin menjadi faktornya.
“Pola makan putri ini tak umum di Mesir. Sebagai bagian keluarga kerajaan, ia pasti makan makanan mewah (daging dan sejenisnya), dan makanan yang mengandung banyak garam yang bisa menimbulkan serangan ini,” tutupnya.
Temuan ini akan dipresentasikan di konferensi medis di Amsterdam.

http://id.berita.yahoo.com/putri-mesir-ini-bukti-serangan-jantung-pertama-001100033.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: